Cara Merawat Kemeja Batik Yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Kemeja Batik Yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak – Kemja batik. kali ini kita akan membahas sedikit mengenai kemeja batik. batik adalah pakaian yang memiliki corak batik berbeda – beda dari berbagai daerah di Indonesia, batik ini menjadi pakaian khas Indonesia yang mulai di gemari banyak kalangan baik dalam negeri maupun luar negeri. Mungkin anda juga salah satu pecinta batik Indonesia, untuk itu anda wajib untuk membaca artikel ini mengenai cara merawat kemeja batik agar tidak cepat rusak dan agar warnanya juga tidak cepat pudar saat di cuci. Pada umumnya saat anda membeli baju batik, terkadang anda menanyakan kepada pedagang mengenai jenis, dan cara merawat baju batik yang andan beli agar tidak cepat rusak. Tidak ada salahnya memang jika anda menanyakan hal tersebut kepada penjual karena memang baju batik terbuat dari bahan kain yang berbeda dengan pakaian biasa pada umumnya, untuk itulah diperlukan perlakuan dan perawatan khusus untuk baju batik ini.

Berikut ini akan kita jelaskan sedikit mengenai langkah – langkah merawat baju batik anda :

  1. Saat anda mencuci pakaian batik anda ada beberapa cara yang bisa anda pilih untuk mencucinya. Pertama anda bisa menggunakan sabun lerek yaitu sabun yang di buat khusus untuk mencuci segala jenis batik, anda bisa mendapatkannya di toko batik atauupun laundry. Atau yang paling mudah anda juga bisa menggunakan ramuan seperti garam yang di larutkan bersama air guna merendam pakaian batik terlebih dulu sebelum anda mencucinya menggunakan deterjen baju biasa.
  2. Selanjutnya, anda sebaiknya memisahkan baju batik anda dengan pakaian lain saat mencucinya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kelunturan pada pakaian lainnya, maupun pada batik itu sendiri. Sehingga penting untuk memisah dan cucilah batik anda tersendiri.
  3. Rendamlah pakaian batik anda dengan kadar waktu yang di perlukan, sebaiknya jangan terlalu lama juga tidak terlalu cepat. Hal ini menghindari agar warna pakaian tidak luntur, dan tidak menimbulkan bau tak sedap pada baju batik anda.
  4. Saat mencuci batik sebaiknya jangan menggunakan mesin cuci, karena pengguanaan mesin cuci pada pakaian batik hanya akan merusak warna pada baju batik anda. sebaiknya anda mencucinya dengan tangan kosong atau manual, cara ini akan lebih aman.
  5. Jangan biasakan mengucek batik menggunakan sikat, hal ini dapat menghilangkan warna pada batik. kuceklah batik anda pada titik – titik tertentu saja yang terdapat noda membandel, selebihnya cukup mengucek ringan saja.
  6. Setelah pakaian selesai di cuci, jemurlah pakaian anda pada tempat yang tidak terkena matahari langsung. Ini untuk menghindari agar warna batik tidak cepat pudar. Sebaiknya tiriskan dulu air pada pakaian hingga habis ditempat yang sejuk, ketika air sudah habis atau belum sepenuhnya kering barulah anda boleh menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.
  7. Setelah kering simpanlah pakaian batik anda di lemari, sebaiknya di gantung tidak di lipat. Dan satu hal yang harus anda perhatikan jangan gunakan kapur barus untuk menyimpan baju batik. karena zat dalam kapur barus dapat merusak serat kain pada baju batik. anda bisa mengguankan bahan alami seperti merica dan lada yang anda bungkus tisu atau plastic, dan kemudian anda letakkan dalam lemari anda. ini akan jauh lebih aman tentunya.
Cara Merawat Kemeja Batik Yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak
Cara Merawat Kemeja Batik Yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Itulah beberapa trik untuk merawat baju batik. semoga sedikit informasi diatas dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi yang terpercaya bagi anda. selamat mencobat !!!

 

 

Copyright © 2017 bajugarmen.com. All Rights Reserved.  WordPress Plugins